Hindari Post 6 Hal Ini di Sosial Media.

Etika media sosial


Social media   noun
[soh-shuhl.mee-dee-uh]
interactive computer-mediated technologies that facilitate the creation and sharing of information, ideas, career interests and other forms of expression via virtual communities and networks.


Media sosial itu sangat mempermudah interaksi dan berbagi dengan teman, keluarga bahkan perfect strangers. Ada sensasi sendiri kalau postingan kita di like ataupun diberi komentar.

BACA JUGA:  Media Sosial, Candu Jaman Now.

Walaupun rasanya ingin sekali share apapun yang kita lakukan di media sosial, tapi ada beberapa hal yang patut dihindari.

1. Informasi Pribadi.
Informasi pribadi dapat dicuri dan digunakan untuk hal-hal yang merugikan. Oleh karena itu jangan pernah share nomor identitas diri, data bank dan kartu kredit, password, alamat domisili, nomor telpon, bahkan boarding pass.

2. Lokasi in real time.
Fitur check-in di media sosial sangat memudahkan orang untuk mengetahui keberadaan kita yang bisa digunakan untuk alasan yang merugikan kita.

3. Foto dan informasi tentang keluarga.
Some things better kept private. Kecuali jika lingkup pertemanan media sosial hanya dengan orang-orang yang sangat mengenal kita, posting informasi dan foto keluarga lebih baik dihindari.

4. Masalah pribadi.
Karena ini lingkup pribadi dan tidak sepantasnya masuk ke ruang publik. Jangan jadikan media sosial tempat curhat. Bukan hanya hal ini mempermalukan diri sendiri dan orang yang terlibat dalam masalah tapi malah bisa memperkeruh suasana karena mendapat banyak tanggapan dari orang-orang yang tidak tahu duduk permasalahnnya.

5. Berita yang tidak jelas sumber dan kebenarannya.
Belakangan banyak sekali kasus penangkapan pemilik akun media sosial yang menyebarkan berita bohong atau hoax. Be smart! Sebelum membagikan berita, selalu cek kebenaran dari berita tersebut. Gunakan internet untuk mencari kebenaran dari sumber yang terpercaya.

6. Konten yang menyinggung SARA.
Hindari memasang artikel atau konten yang menyinggung suku, ras dan agama. Hal ini dapat menimbulkan perdebatan dan perpecahan. Pastikan untuk tidak memasang konten yang sensitif dan provokatif.


As much as I love social media... at the end of the day “All human beings have three lives: public, private, and secret.”
Gabriel García Márquez.

Image by pexels.com

0 comments