Awal Runtuhnya Kesetiaan


Relationship marriage setia


Sejak kecil kita sudah terekspos dengan pernyataan happily ever after. Seorang putri bertemu dengan pangeran pujaan, kemudian mereka hidup bahagia selamanya. Tapi ternyata kenyataan tidak seperti harapan yang selama ini diimpikan.

Sering kali saya jadi tempat curcol teman-teman soal pasangan mereka. Surprisingly, sebagian besar curhatannya adalah masalah ketidak puasan mereka dengan pasangan masing-masing. Padahal selama ini hubungan mereka terlihat baik-baik saja. Banyak juga yang akhirnya cerita kalau mereka punya selingkuhan, bahkan mereka yang sudah menikah!

What?? Is there something wrong with them? atau sekarang ini memang sedang tren untuk punya selingkuhan?

Terlepas dari apakah ini sebuah tren atau bukan, namun faktanya perselingkuhan sering disebabkan oleh adanya kebutuhan dasar yang tidak terpenuhi oleh pasangan masing-masing.

Apa sih kebutuhan dasar manusia itu?

Kebutuhan dasar manusia dibagi menjadi 5 kategori:
1. Kebutuhan mendasar akan pemenuhan sandang, pangan, papan dan seksual
2. Kebutuhan akan rasa aman.
3. Kebutuhan akan cinta dan rasa memiliki.
4. Kebutuhan untuk dihargai atas pencapaian dan harga diri.
5. Kebutuhan akan aktualisasi diri.

BACA JUGA: Mengenal Cinderella Complex Syndrome

Selain pemicu awal dari kebutuhan yang tidak terpenuhi masih banyak faktor pendukung lain, seperti:
1. Rasa cinta yang memudar. Kurangnya komunikasi, masing-masing sibuk dengan dunia dan ego nya sendiri, dendam karena masalah yang menumpuk menjadi penyebab rasa cinta yang mulai pudar.
2. Pasangan yang terlalu bergantung, posesif dan over protective. Biasanya masalah ini disebabkan oleh kaum perempuan dengan Cinderella Complex Syndrome.
3. Peter Pan Syndrome yang membuat kaum pria cenderung menjadi manja, sangat bergantung, sulit berkomitmen, tidak bertanggung jawab, manipulatif, narsis dan suka tebar pesona.
4. Balas dendam. Untuk melampiaskan rasa sakit hati karena pasangannya berselingkuh.
5. Butuh pengakuan kembali. Setelah menjalani hubungan yang lama dan monoton, muncul kerinduan untuk merasa dianggap istimewa dan menarik seperti saat masa lajang. Selingkuh memberikan sensasi tersebut.

BACA JUGA: Naksir Berat atau Jatuh Cinta?

Kenyataan memang tidak seindah dongeng. Tiap orang punya masalah masing-masing. Dan ketika mereka tidak punya jalan keluarnya... Mereka sering kali mengambil jalan pintas.


Image by pexels.com

0 comments