Kopi Hitam Tanpa Gula.

Kopi hitam pahit black coffee


Teman-teman saya bingung kenapa saya suka sekali minum kopi hitam tanpa gula. Apa gak pahit? gak bikin sakit perut?
Buat saya kopi hitam malah lebih aman dibanding kopi susu yang sering kali bikin sakit perut dan mual.
Kopi hitam tanpa gula juga meninggalkan aftertaste yang khas tergantung jenis kopi apa yang diminum.

Apa sih aftertaste itu?
Aftertaste adalah intensitas rasa suatu makanan atau minuman yang  berasal dari langit-langit mulut bagian belakang yang bertahan setelah makanan atau minuman ditelan atau dikeluarkan dari mulut.

Aftertaste kopi berkisar dari rasa coklat, karamel, buah, kacang-kacangan dan rempah-rempah.

Saya biasa minum 2-3 cangkir kopi, sekitar 200 - 300 mg kafein per hari. Porsi yang pas buat saya. Lebih dari itu bisa bikin saya agitated. 

Jika dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan, kopi memberikan banyak manfaat karena sarat dengan antioksidan dan nutrisi. Kopi hitam mengandung vitamin B2, B3, B5, mangan, magnesium dan kalium.
Kopi juga dikaitkan dengan penurunan tingkat gula darah juga mencegah kanker usus besar, payudara dan kanker hati.

BACA JUGA: Bubuk Kopi Untuk Perawatan Kulit.

Minum kopi hitam meningkatkan mood dan bikin happy. And yes ladies, minuman ini tidak mengandung kalori!

Tapi hati-hati mengkonsumsi kopi kalau sedang dalam pengobatan karena kafein dalam kopi bereaksi dengan beberapa pengobatan.  

Coba yuk kopi hitam tanpa gula...


Image by Kaboompics from Pexels

Share:
Location: Jakarta, Indonesia

2 comments:

  1. temen temen kantorku banyak banget yg suka kopi hitam, kalo lagi stress kerjaan ngopi dlu gitu
    kalo aku nggak sering2 banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopi hitam bikin efek menenangkan juga sih... hehe...

      Delete