,

10 Fakta Tentang Limbah Industri Fashion.

fakta limbah fashion polusi



1. Berita Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan, industri fashion menyumbang 10% dari emisi gas rumah kaca global karena rantai pasokannya yang panjang dan produksi yang membutuhkan energi yang intensif.

2. Kedua setelah minyak, industri pakaian dan tekstil adalah pencemar terbesar di dunia.

3.Pertanian kapas bertanggung jawab atas 24% insektisida dan 11% pestisida, meskipun hanya menggunakan 3% dari tanah yang subur di dunia. 

4. Industri tekstil adalah salah satu dari 3 industri pemborosan air teratas di Cina, mengeluarkan lebih dari 2,5 miliar ton air limbah setiap tahun.

5. Hampir 20% air limbah global diproduksi oleh industri fashion.

BACA JUGA: Trashy Fashion: Limbah Fashion Yang Terlupakan.

6. Sekitar 8.000 bahan kimia sintetis digunakan di seluruh dunia untuk mengubah bahan baku menjadi tekstil.

7. Pada tahun 2030, diperkirakan bahwa industri fashion akan menggunakan 35% lebih banyak tanah untuk kapas, hutan untuk serat selulosa, dan padang rumput untuk ternak.

8. Sekitar 1.900 serat plastik sintetis per garmen dilepaskan saat dicuci dan karena ukuran dan bentuknya yang kecil, tidak terjebak dalam pengolahan air limbah dan memasuki lautan kita.

9. Hampir tiga perlima atau 60% dari semua pakaian yang diproduksi berakhir di tempat pembuangan sampah dalam waktu setahun dari saat diproduksi.

10. Satu dari enam milenial (16%) berusia antara 16-34 mengatakan mereka umumnya menyimpan pakaian mereka di bawah dua tahun sebelum membuangnya.

BACA JUGA: Kurangi Penggunaan Sedotan Plastik!

Setelah mengetahui 10 fakta tentang limbah industri fashion ini, mari lakukan bagian kita untuk mengurangi limbah fashion.


Sumber:
1. https://edgexpo.com/fashion-industry-waste-statistics/
2. https://ecowarriorprincess.net/2018/10/facts-statistics-about-fast-fashion-inspire-ethical-fashion-advocate/


Image by Roman Pohorecki from Pexels



Share:

No comments:

Post a Comment