Mengenal 4 Hormon Pemicu Rasa Bahagia.

4 hormon bahagia kesehatan hidup sehat

Apakah hormon itu? Dilansir dari wikipedia.com hormon adalah pembawa pesan kimiawi antar sel atau antar kelompok sel. Semua organisme multiselular, termasuk tumbuhan, memproduksi hormon. Hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan cairan sel untuk mencari sel target.

Tubuh kita terdiri dari berbagai macam hormon yang memiliki fungsinya masing-masing. Setiap hormon harus seimbang agar tidak berdampak buruk pada tubuh kita.

Ada 4 hormon yang berkaitan dengan rasa senang, bahagia dan nyaman pada manusia, yaitu: Endorfin, Dopamine, Serotonin, dan Oksitosin. 

Mengenal 4 hormon utama yang bikin bahagia.

1. Hormon Endorfin.
Hormon Endorfin memberi rasa rileks, mengurangi ketegangan syaraf, meningkatkan imunitas tubuh, meredakan sakit kepala dan nyeri saat menjelang haid. Endorfin juga mengurangi rasa sakit, sehingga sering disebut painkiller alami dalam tubuh manusia.

Hormon ini biasanya dilepaskan saat kita berolahraga. Makanan pedas, minuman hangat seperti kopi atau teh hijau dan mengkonsumsi coklat hitam juga melepaskan hormon Endorfin dalam tubuh. Dan tertawa adalah cara mudah untuk menghasilkan hormon Endorfin.

2. Hormon Dopamine. 
Hormon Dopamine memicu tubuh untuk bersemangat, lebih fokus, waspada, lebih tajam dalam berpikir, lebih cepat dalam menggerakan motorik, dan bahkan menajamkan penglihatan.

Kita merasa berhasil dan senang ketika mendapatkan penghargaan untuk pekerjaan di kantor atau di rumah, itu disebabkan oleh tubuh yang melepaskan hormon Dopamine.
Ini juga menjelaskan mengapa kebanyakan ibu rumah tangga tidak bahagia karena mereka jarang diakui atau dihargai atas pekerjaan mereka. 

Untuk meningkatkan hormon Dopamin, tubuh memerlukan makanan yang kaya akan protein seperti telur, ikan, brokoli dan kacang almond. Juga makanan yang memperlancar aliran darah seperti jahe, ginseng dan lada.

Hormon Dopamin mudah hilang ketika kita terlalu lelah. Oleh karena itu tidur yang berkualitas sangat diperlukan.

3. Hormon Serotonin
Hormon Serotonin adalah kunci good mood di tubuh kita. Hormon ini berfungsi untuk mengatur suasana hati, tidak mudah menggerutu, mudah tidur dan mencegah depresi.

Serotonin dilepaskan saat kita membangun komunikasi, membantu orang lain atau  giving back to society.

Makanan yang  mengandung senyawa triptofan seperti pada susu, jagung, keju, yoghurt, telur, ikan, dan kedelai sangat diperlukan untuk meningkatkan hormon Serotonin. Begitu juga dengan aktifitas seperti berjemur sinar matahari pagi, meditasi, mendengarkan musik favorit, menari dan hang out dengan teman.

Kekurangan hormon Serotonin dalam jangka panjang dapat mengakibatkan amnesia. Oleh karena itu hindari stres karena tekanan kerja yang berlebihan ataupun masalah pribadi, kelelahan dan kurang tidur.

4. Hormon Oksitosin.
Hormon Oksitosin sering disebut hormon cinta, karena memberikan rasa nyaman, aman dan bahagia. Orang yang merasa dicintai biasanya memiliki hormon Oksitosin yang tinggi.

Faktor pemicu hormon Oksitosin adalah pengaruh hubungan cinta yang berjalan baik, sentuhan fisik, hubungan seksual yang sehat serta kedekatan dengan keluarga dan teman-teman.

Ternyata hormon ini memicu produksi hormon Serotonin dan Dopamin, sehingga orang yang merasa dicintai cenderung bekerja lebih giat dan produktif serta tidak mudah tertekan maupun depresi. Hormon Oksitosin juga menumbuhkan hormon kepedulian atau hormon Vasopressin. Karena itu kita akan merasa bahagia saat melakukan kebaikan untuk orang lain atau dengan melihat orang lain melakukan kebaikan.

Jenis makanan seperti coklat, tiram, cabai merah, madu dan makanan afrodisiak lainnya memicu terbentuknya hormon Oksitosin.  

Aktif dalam kegiatan sosial sangat baik dalam menjaga kadar hormon ini dalam tubuh kita. Ini juga alasan mengapa anak yang sedang mengalami bad day atau bad mood perlu pelukan dari orang tuanya.

hormon bahagia dopamin serotonin oksitosin endorfin

Setelah mengenal 4 hormon yang bikin bahagia, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan mood positif, tidak mudah stres dan tetap mampu menjalani hari dengan tenang:
1. Berolahraga setiap hari. Cukup 20-30 menit berkeringat dalam sehari.
2. Mencapai tujuan kecil dalam hidup. Membuat dream board, to do list dan mulai mengerjakannya.
3. Bersikap baik dan berbuat baik untuk sesama, terlebih lagi kepada orang-orang terdekat.
4. Stay in touch dengan teman dan kerabat. Berbicara di telpon untuk menanyakan kabar mereka.
5. Istirahat yang cukup. Kuncinya adalah tidur yang berkualitas.
6. Meluangkan waktu untuk berbicara dan bermain dengan anak-anak.
7. Cari alasan untuk tertawa. Menonton acara humor atau film komedi adalah salah satunya.
8. Konsumsi makanan sehat dengan menu yang seimbang.
9. Mengerjakan hobi. Fokus pada hobi tidak hanya membuat kita tenang tapi juga me time yang berkualitas.
10. Smile more. Karena senyum adalah cara untuk menjadi bahagia dan sehat tanpa biaya.


Image by Helena Lopes from Pexels.com
 
Share:
Location: Jakarta, Indonesia

7 comments:

  1. Hormon doi juga bisa memicu rasa bahagia wkwkwk, maksudnya kehadiran doi gitu :D

    ReplyDelete
  2. Hahaha termasuk oksitosin dong, si hormon cinta.

    ReplyDelete
  3. Wah, kayaknya saya kekurangan Hormon deh,....soalnya ketawa saya hemat banget.

    Kalau orang yang kebanyakan tertawa, Apa mungkin ia kelebihan Hormon Endorfin...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hormon Endorfin dilepas saat orang bahagia, makanya tertawa cara paling mudah untuk meningkatkan Endorfin.
      Banyak ketawa dong, Kang... supaya gak kekurangan hormon :D

      Delete
  4. Kalo org yang suka ketawa kayak saya berarti kelebihan hormon2 ini yah

    ReplyDelete