Melawan Radang Tenggorokan Tanpa Antibiotik.


Melawan radang Tenggorokan Dengan Cara Alami

Liburan akhir tahun adalah saat yang ditunggu-tunggu. Bukan cuma karena saya jadi punya banyak waktu luang tapi juga biasanya banyak makanan enak menunggu di acara akhir tahun. Sesi makan-makan yang gak boleh terlewatkan deh pokoknya.

Sayangnya karena perubahan cuaca yang cukup ekstrim, bikin daya tahan tubuh pun jadi menurun. Kalau kondisi seperti ini saya gampang sekali kena radang tenggorokan dan flu. That's what's happening now...
Awalnya tenggorokan cuma terasa kering sekali. Lama kelamaan mulai terasa sakit saat menelan. Setelah itu badan mulai meriang dan tidak ada nafsu makan.
Repot nih kalau tidak cepat-cepat diatasi. Liburan kok malah sakit. Kepikiran sih untuk minum antibiotik supaya cepat sembuh, tapi saya bertahan pada prinsip untuk menghindari minum antibiotik kecuali benar-benar dibutuhkan.

Andalan saya untuk mengatasi radang tenggorokan adalah kumur-kumur air hangat yang dicampur dengan garam. Ditambah perbanyak minum air hangat. Plus minum obat flu yang bantu banget untuk turunin demamnya.
Tapi kali ini radangnya lumayan parah, setelah 2 hari tenggorokan tetap sakit dan makan apapun gak ada rasanya. Langsung google deh untuk cari cara mengobati radang tenggorokan. Ternyata salah satunya adalah minum perasan lemon dengan air hangat.
Tiba-tiba ingat seorang teman pernah kasih essential oil Lemon, pesannya untuk di campur dengan 1 botol minum air hangat dan cukup campur dengan 1 tetes minyak Lemon ini untuk detoks racun dari dalam tubuh.
Langsung saya buat 1 botol air hangat dicampur minyak Lemon untuk diminum beberapa kali dalam sehari. Dan supaya mempercepat proses penyembuhan, saya balurkan minyak "serba bisa" dari Bali (undisclosed brand, karena gak di endorse hahaha)  sebelum istirahat siang dan sebelum tidur malam.
Hasilnya setelah 6 hari sengsara melawan radang tenggorokan, pagi ini saya bangun dengan tenggorokan yang lebih nyaman dan nafsu makan pun sudah membaik.
Mudah-mudahan sebelum acara akhir tahun badan sudah kembali fit.

Secangkir teh lemon untuk melawan radang tenggorokan


Buat yang mengalami hal yang sama dengan saya dan ingin melawan radang tenggorokan tanpa antibiotik, ada beberapa cara alami untuk melawan radang tenggorokan yang saya kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Perbanyak minum air putih hangat. Air putih hangat menjaga agar tenggorokan tidak kering dan badan tidak dehidrasi.
2. Istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidak tidur terlalu larut dan beristirahat di siang hari.
3. Berkumur air garam. Dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari.
4. Minum perasan lemon yang dicampur air hangat. Mampu meredakan pembengkakan di dinding tenggorokan dan  ampuh membunuh bakteri penyebab radang.
5. Makan sup ayam dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Lebih baik jika dimasak dengan banyak bawang putih yang dapat melawan virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan.
6. Hindari asap rokok.
7. Minum obat pereda nyeri jika diperlukan. Obat-obatan ini adalah kombinasi penghilang rasa sakit dan anti bengkak yang juga dapat mengurangi gejala demam dan flu yang muncul saat terjadi radang tenggorokan.
8. Jaga tubuh agar tetap hangat. Selain konsumsi minuman hangat, dianjurkan untuk membalur tubuh dengan minyak penghangat tubuh.
9. Minum campuran perasan lemon dan madu. Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu meredakan radang tenggorokan karena infeksi.
10. Menghisap lozenges untuk menjaga agar tenggorokan tetap lembab.

Stay healthy and enjoy holiday!

Images by Pexels.com

Obat-obatan ini adalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti-peradangan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Cara Mudah Menyembuhkan Radang Tenggorokan", https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/10/173628220/8-cara-mudah-menyembuhkan-radang-tenggorokan?page=all.
Penulis : Wisnubrata
Obat-obatan ini adalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti-peradangan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Cara Mudah Menyembuhkan Radang Tenggorokan", https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/10/173628220/8-cara-mudah-menyembuhkan-radang-tenggorokan?page=all.
Penulis : Wisnubrata
bat-obatan ini adalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti-peradangan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Cara Mudah Menyembuhkan Radang Tenggorokan", https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/10/173628220/8-cara-mudah-menyembuhkan-radang-tenggorokan?page=all.
Penulis : Wisnubrata
bat-obatan ini adalah kombinasi dari penghilang rasa sakit dan anti-peradangan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Cara Mudah Menyembuhkan Radang Tenggorokan", https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/10/173628220/8-cara-mudah-menyembuhkan-radang-tenggorokan?page=all.
Penulis : Wi
Share:
Location: Indonesia

4 comments:

  1. No.4 sekarang rajin saya lakukan, ditambah madu dikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus nih... Pasti jarang radang tenggorokan ya?

      Delete
  2. Kalau saya ketika tenggorokan terasa ngak enak,saya makan bawang putih satu siung Mbak,rasanya sih ngak enak,namun manjurrr loh, sekalian buang angin juga menjadi lancar ,,,,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga toh? Manfaat bawang putih emang banyak sih ya... termasuk buat menghalau vampir... hahahah

      Delete