Pentingnya Memakai Sports Bra Yang Tepat

Pentingnya memakai sports bra


Menggunakan bra yang tepat saat berolahraga sangatlah penting. Sayangnya masih banyak perempuan yang belum menyadarinya. Padahal menggunakan bra yang salah akan memberikan efek buruk dalam jangka panjang.

Pentingnya Memakai Sports Bra

Saat berolahraga, payudara akan berayun mengikuti pergerakan tubuh. Seperti yang kita ketahui, payudara tidak memiliki jaringan otot. Jika tidak ditopang dengan tepat, kulit dan ligamen Cooper (ligamen disekitar payudara yang menopang dan membentuk payudara) bisa rusak dan menyebabkan payudara menjadi turun. Berapapun ukuran payudara, setiap perempuan mengalami gerakan memantul selama melakukan aktivitas fisik.

Bra khusus olahraga yang disebut sports bra, dirancang khusus untuk menopang payudara agar mengurangi pergerakan selama berolahraga dan menggunakan bahan yang sesuai untuk aktivitas fisik.

Jenis Sports Bra

Ada 3 jenis sports bra berdasarkan aktivitas dan ukuran cup :

1. Light-Support Sports Bra
Jenis ini memberikan support (menyangga payudara) untuk aktivitas fisik yang ringan seperti yoga, stretching, dan pilates. Perempuan dengan ukuran cup A atau B dapat melakukan aktivitas yang lebih intens menggunakan light-support sports bra ini dengan nyaman.


2. Medium-Support Sports Bra
Perempuan dengan ukuran payudara besar dapat memilih medium-supports sports bra untuk aktivitas ringan seperti yoga. Namun, untuk yang memiliki ukuran cup C atau D biasanya dapat menggunakan jenis bra ini untuk aktivitas seperti latihan gym ringan, jogging, dan bersepeda. Ukuran cup A dan B  dapat menggunakan sports bra ini untuk aktivitas olahraga yang lebih berat.


3. High-Support Sports Bra
Bra ini memberikan penyangga semaksimal mungkin selama aktivitas berdampak tinggi, seperti berlari, cross training, zumba dan olahraga high impact lainnya. Jenis high-support sports bra ini baik digunakan bagi mereka yang memiliki ukuran payudara besar. 

Model Sports Bra

Setiap perempuan memiliki preferensi yang berbeda dalam memilih bra, begitu juga dengan sports bra. Beberapa model sports bra yang bisa jadi pilihan :

1. Ventilation - Model ini mempunyai panel jala atau detil potongan di bagian samping untuk memberikan aliran udara saat berolahraga.

2. Seamless - Untuk memperpanjang masa pakai, beberapa sports bra memiliki desain seamless atau menggunakan 'jahitan datar'. Jenis jahitan ini kuat dan dirancang untuk mencegah sobek saat dipakai pada area yang sering meregang saat melakukan gerakan.

3. Underwire - Sama seperti bra biasa, underwire menyangga dan memberikan bentuk yang lebih baik. 

4. Moisture-Wicking Technology - Jenis kain ini menggunakan teknologi serat mikro sintetis untuk mengangkat kelembaban dari kulit membuat olahraga menjadi nyaman. 

5. Straps - Sports bra menawarkan beberapa model strap (tali) bukan hanya untuk alasan estetis tapi juga ada fungsinya. Racerback, model klasik dengan strap yang bertemu di bagian punggung memberikan support yang lebih baik dibandingkan model spaghetti strap.

6. Compression - Model sports bra bergaya pullover ini memberikan support dengan menekan payudara ke dada untuk mengurangi guncangan. 

7. Encapsulation - Memiliki cup terpisah untuk menopang setiap payudara mirip seperti bra sehari-hari.

Tips memilih sports bra


Tips Memilih Sports Bra

Sports bra seharusnya terasa sedikit lebih ketat dari bra biasa tapi tetap nyaman dipakai. Tarik napas yang dalam saat mencoba sports bra,  dan pastikan terasa nyaman saat bernapas.

Angkat tangan saat mencoba sports bra, karet bagian bawah harus pas dan tidak bergerak saat tangan diangkat.

Posisi underwire berada rata di tulang rusuk, bukan di payudara. Bagian depan (antar kawat) harus menempel pada tulang dada.

Perhatikan tonjolan di bagian atas dada dan ketiak. Jika bagian tersebut terlihat menggembung, carilah ukuran yang lebih besar.

Straps yang dapat disesuaikan, fungsinya memberikan penyangga yang baik namun tidak boleh terlalu ketat sehingga membekas di permukaan kulit. 

Saat mencoba, lakukan banyak gerakan seperti lari di tempat, meloncat dan jumping jack untuk merasakan apakah sports bra nyaman digunakan atau tidak.

REKOMENDASI : Membeli Sports Bra Yang Tepat.

Pastikan untuk selalu menggunakan sports bra yang tepat dan sesuai dengan jenis olahraga agar aktivitas fisik menjadi nyaman dan aman.

Images from pexels.com


4 comments