4 Langkah Penting untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh dengan merubah lifestyle


Daya tahan tubuh juga dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh adalah jaringan kompleks protein dan sel yang melindungi tubuh dari infeksi. Daya tahan tubuh yang kuat dapat mengalahkan kuman penyakit (patogen) seperti virus, bakteri, parasit bahkan sel kanker sambil melindungi jaringan tubuh yang sehat. 

Dengan kondisi pandemi COVID 19 yang masih belum membaik, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga diri supaya tetap fit adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh.


4 Langkah Penting untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Perbaiki pola makan.

Perbanyak makan buah dan sayur yang kaya akan penambah daya tahan tubuh seperti vitamin C (jeruk, brokoli, kiwi, jambu biji, pepaya dan nanas) dan sayuran serta buah berwarna yang kaya akan antioksidan seperti wortel, bayam, kubis ungu, tomat dan anggur.

Batasi asupan gula untuk mengurangi kelebihan berat badan dan resiko peradangan. Orang dengan berat badan berlebih memiliki resiko lebih besar terjangkit penyakit diabetes dan gangguan jantung.  Kondisi kesehatan ini berpengaruh besar pada melemahnya daya tahan tubuh.

Makanan dan minuman yang mengandung probiotik seperti yoghurt, tempe dan kimchi memperkuat bakteri usus sehingga membantu mencegah patogen berbahaya memasuki tubuh melalui saluran pencernaan.

Allicin, senyawa dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Dianjurkan bawang putih untuk dimakan mentah atau dipanggang sebentar jika bau dan rasanya terlalu menyengat.

REKOMENDASI : Lengkapi Kebutuhan Suplemen

2. Perbaiki gaya hidup.

Kebutuhan tidur orang dewasa adalah 7-8 jam setiap harinya. Tidur yang cukup meningkatkan daya tahan tubuh, disarankan tidur lebih lama saat sedang sakit agar sistem daya tahan tubuh semakin kuat melawan penyakit.   

Lakukan olah raga 15-30 menit setiap hari. Berolah raga yang rutin membuang racun dalam tubuh dan mempercepat regenerasi sel. 

Mengelola stress dengan melakukan meditasi, yoga, mengerjakan hobi, jauhi orang-orang toxic, social media/ digital detox, dan kelilingi diri dengan hal-hal yang positif.

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh.

Minum air putih hangat 8-10 gelas dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan carian dalam tubuh. Hindari minuman dingin, manis dan bersoda karena malah akan membuat daya tahan tubuh menurun.

Teh herbal, air kelapa dan infused water juga baik untuk menambah cairan tubuh.

REKOMENDASI : Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

4. Minum suplemen dan vitamin tambahan.

Beberapa vitamin dan suplemen dipercaya dapat menambah daya tahan tubuh, seperti:

Vitamin C - Bekerja sebagai antioksidan yang kuat dalam melindungi kerusakan akibat radikal bebas. Disarankan untuk minum 1.000 - 2.000 mg per hari untuk orang dewasa.

Vitamin D - Selain berperan penting dalam kesehatan tulang dan gigi, vitamin D juga berperan mencegah penyakit pernapasan. Dosis yang dianjurkan 1.000 - 4.000 iu per hari. 

Zinc - Mempercepat penyembuhan luka, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel dan mengurangi peradangan.

Vitamin E - Sumber antioksidan untuk melawan radikal bebas. 250 iu per hari cukup untuk diminum oleh orang dewasa.

Langkah-langkah yang diuraikan di atas adalah cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebagai salah satu usaha melindungi diri selama pandemi ini. Tetap lakukan protokol kesehatan ketat yang dianjurkan untuk pencegahan dan perlindungan diri yang maksimal.


Diambil dari berbagai sumber.

Photo by Max Nikhil Thimmayya from Pexels.

6 comments

  1. Haloo Mba, Salam Kenal... first time dimari nih. Heheh
    Kenalin nama saya Bayu.😁😁
    Tadi lihat mba di blognya Mba Jane langsung deh mampir. Hihi

    Wahhh terimakasih buat tipsnya. Meskipun lagi struglling sama gaya hidup terutama pola makan, sama pola tidur.. hehe. Berhubung kerjanya shift jadi pola tidur agak susah, karena kuping saya terlalu sensitif sama suara. Jadi gampang banget terbangun.

    Soal air setuju sih. 2 liter sehari la ya.. 😁 air bening udah yg paling terbaik sekrang ini.. hehe

    Oh oh,sama menjaga pikiran untuk selalu positif juga katanya bagus.. 😄 apalagi di era pandemi gini, dimana rumor melayang-layang nggak jelas.

    Sekali lagi salam kenal, dan sehat selalu.. 😄

    BalasHapus
  2. Hello Bayu, salam kenal juga ya.
    Seneng deh ada yang mampir di sini hehehe...

    Nah, kl kerja shift yg pastinya waktu tidurnya terbolak balik... pola makannya yang harus bener nih. Dan yang sehat pastinya. Minum juga gak boleh kurang dan memang air putih is the best lah!

    Soal rumor itu bener2 ganggu deh... Saya berusaha menjauhi nonton berita dan pilih nonton yg lucu-lucu receh gitu buat kesehatan mental.

    Sehat selalu ya Bayu, dan sering-sering mampir kesini hihihihi...

    BalasHapus
  3. Mantab sekali informasi dan tips yang dibagikan. Saya sekarang makin fokus ke poin 4, yakni suplemen dan vitamin. Khususnya sekarang sekeluarga lagi isoman alias isolasi mandiri. Meski pada dasarnya kurang suka sama vitamin dalam bentuk kapsul atau tablet. Lebih suka jalan-jalan buat jaga kesehatan mental plus jasmani juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello kak, semoga cepat pulih kembali ya. Suplemen dan vitamin harus dibarengin dengan pikiran positif dan hati yang gembira. Belum bisa jalan-jalan nih, jadi nonton hiburan yang lucu-lucu sambil gerak badan supaya mental dan jasmani sehat.

      Semangat ya kak. This too shall pass!

      Hapus
    2. Iya bener, mbak. Pikiran positif justru adalah obat paling ampuh. Hati yang gembira adalah obat, hehehehe gitu sich katanya. Iya sambil nonton yang lucu-lucu di Tiktok dan Youtube, saya isoman sambil blogwalking. Serasa kaya jaman kuliah, jaman blogger masih berjaya. Hehehe, entah sudah berapa tahun yang lalu itu. Sekarang kayanya vibes-nya beda.

      When the morning comes, let it go. This too shall pass.

      Hapus
    3. Semangat terus ya kak. Supaya bisa cepet tambah artikel yang bermanfaat di blognya. Saya suka ngintip tips2nya lho hehehheh. Terima kasih ya sharing infonya.

      Hapus