6 Kandungan Skincare yang Tren di 2022

woman face mask smile

Perkembangan produk skincare di pasaran semakin membaik dengan inovasi dan berbagai bahan baku baru yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Sebagai konsumen, kita semakin dimanjakan dengan pilihan-pilihan yang lebih personalised untuk jenis kulit dan permasalahannya masing-masing.

Di tahun 2022, kandungan yang digunakan produk skincare seperti Niacinamide, Hyaluronic Acid, retinol dan vitamin C akan terus berlanjut ditambah kandungan baru yang berbahan dasar alami (plant based).

Kandungan Skincare Tren di 2022

1. Bakuchiol
Bakuchiol adalah bahan alami yang ditemukan di daun dan biji tanaman Psoralea corylifolia. Bakuchiol disebut sebagai alternatif alami untuk retinol karena memiliki beberapa manfaat yang sama seperti retinol.

Retinol dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, sedangkan penggunaan Bakuchiol mengurangi efek tersebut. 

Bakuchiol lebih cocok digunakan untuk kulit sensitif daripada Retinol. Kandungan ini juga aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

BACA JUGA: Potensi Komoditas Lokal untuk Produk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Bakuchiol:
-Merangsang produksi kolagen
-Mengatasi hiperpigmentasi
-Melindungi kulit dari radikal bebas
-Mengurangi munculnya keriput 

2. Niacinamide
Niacinamide juga dikenal sebagai vitamin B3 dan merupakan vitamin water-soluble. Niacinamide merupakan kandungan skincare yang banyak digunakan di tahun 2021 karena manfaatnya yang luar biasa.

Manfaat Niacinamide
-Memperbaiki skin barrier
-Meratakan warna kulit 
-Menyamarkan noda hitam
-Mencerahkan kulit
-Mengecilkan pori-pori kulit
-Mengendalikan produksi minyak

BACA JUGA: Day Cream untuk Kulit Sensitif

3. Hyaluronic Acid
Hyaluronic Acid (HA) adalah molekul alami yang ditemukan di kulit manusia, dan dapat menahan kelembapan 1000 kali beratnya. Hyaluronic Acid juga merupakan humektan yang dapat menarik kelembapan dari sekitarnya dan menguncinya di kulit.

Terlepas dari namanya, kandungan skincare ini sangat lembut dan membantu melawan kulit kusam dan dehidrasi. Efek penggunaan Hyaluronic Acid membuat kulit tampak kenyal dan glowing, selain itu juga dapat membantu menyembuhkan luka pada kulit.

Manfaat Hyaluronic Acid:
-Melembabkan kulit
-Menyamarkan kerutan
-Mencerahkan kulit
-Mempercepat penyembuhan luka

calendula marigold yellow flower petals bowl
Pexels/Yan Krukov

4. Calendula
Tanaman Calendula Officinalis telah lama digunakan di bidang pengobatan karena kandungan antioksidan dan kandungan lainnya yang anti jamur, anti bakteri serta anti inflamasi.

Bahan ini banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit iritasi, kulit meradang dan kulit sensitif.

Manfaat Calendula:
-Menyembuhkan luka
-Menenangkan iritasi dan inflamasi
-Anti penuaan alami

BACA JUGA: Telomer dan Proses Penuaan

5. Probiotik
Probiotik adalah bakteri sehat yang biasa digunakan untuk menjaga keseimbangan usus, tetapi probiotik juga bermanfaat bagi kulit. Tubuh manusia menampung triliunan bakteri kecil di permukaan kulit, penting untuk menjaga keseimbangan antara bakteri baik dan bakteri yang merugikan. Probiotik menyediakan 'makanan' untuk bakteri baik yang hidup di kulit serta menghambat pertumbuhan berlebih dari bakteri berbahaya.

Kandungan skincare ini sangat bermanfaat untuk peradangan kulit kronis, seperti jerawat, rosacea, dan eksim.

Manfaat Probiotik:
-Mencegah kulit kering
-Mengurangi peradangan
-Memperkuat skin barrier
-Memperkuat kulit untuk melawan iritasi dan stres

6. Ceramide
Ceramide adalah asam lemak yang ditemukan di dalam sel kulit, berfungsi untuk menjaga skin barrier dan kelembaban kulit. Seiring bertambahnya usia, kadar Ceramide dalam sel kulit berkurang dan membuat kulit mudah kering serta iritasi.

Salah satu penyebab dari masalah kulit seperti eksim dan psoriasis adalah kekurangan kadar Ceramide dalam kulit.

Manfaat Ceramides:
-Menjaga kelembaban kulit
-Mencegah penuaan dini
-Memperkuat skin barrier

Mana dari 6 kandungan skincare ini yang cocok dengan kebutuhan kulit kalian? 

Main photo by Polina Kovaleva from Pexels



2 comments

  1. Untungnya kulitku bisa Nerima retinol, jadi ga harus pakai bakuchiol 😁. Dan sukaaaa bgt Ama efek dari pemakaian retinol secara rutin, memang kliatan kulit jadi lebih kencang, yg pasti kerutan hilang 😄. Kalo utk efek melembabkan kulit, aku LBH cocok Sodium Hyaluronate mba. Kulit skr ini jadi lebih lembab dan ga kering. Apalagi usia yg udah mature, aku butuh bgt skincare yg beneer2 bisa melembabkan kulit

    BalasHapus
  2. Aku masih takut pakai retinol nih, jadi pakainya bakuchiol. Tapi cocok banget sama ceramide, langsung moist gitu kulitnya. Nah buat kerutan masih blm ketemu yang efeknya "nendang" nih...

    BalasHapus