20 Fakta Menarik Tentang Kopi

Blue mug coffee on wooden table

Sebagai pecinta kopi, saya sering mencari tahu hal-hal yang berhubungan dengan kopi. Ternyata banyak sekali hal menarik dan seru tentang kopi yang selama ini belum pernah saya dengar. Ada 20 fakta menarik tentang kopi yang saya rangkum dari berbagai sumber.

20 Fakta Menarik Tentang Kopi

1. Pada abad ke-9, para petani Ethiopia memperhatikan bahwa kambing milik mereka menjadi energik setelah memakan tanaman Coffea. Seorang biarawan lokal memutuskan untuk mencobanya dan menyadari bahwa minuman itu membuatnya terjaga di malam hari. Lahirlah minuman kopi.

2. Kopi tetap hangat sekitar 20% lebih lama setelah ditambahkan krim. 

BACA JUGA: 5 Resep Mudah ala Kafe

3. Tekanan atmosfer mempengaruhi gelembung di cangkir kopi. Jika ada lebih banyak gelembung di tengah cangkir, diperkirakan cuaca akan hujan atau akan terjadi badai.

4. Di samping minyak bumi, kopi adalah komoditas ekspor dan perdagangan yang paling berharga di dunia.

5. Kata "kopi" berasal dari kata Arab "qahwah" yang mengacu pada sejenis minuman anggur.

a cup of cappuccino
Chevanon Photography from Pexels.com

6. Nama cappuccino diambil dari nama ordo Capuchin friars karena warnanya yang menyerupai warna jubah para biarawan ordo tersebut.

7. Kata espresso berasal dari bahasa Italia yang berarti “dipaksa keluar”. Espresso dibuat dengan memaksa air yang sangat panas di bawah tekanan tinggi melewati kopi yang digiling halus dan dipadatkan.

8. Espresso memiliki sepertiga kafein dari secangkir kopi tradisional, dan dark roast memiliki lebih sedikit kafein daripada light roast.

9. Satu cangkir kopi hitam hanya memiliki satu kalori.  

10. Di masa Konstantinopel abad ke-16, para istri dapat meminta cerai jika merasa suami tidak memberikan cukup kopi.

11. Pada tahun 2001, Brasil memproduksi perangko yang berbau seperti kopi dan aromanya bertahan selama 5 tahun.

12. Selama pemerintahan Kekaisaran Ottoman, orang-orang dihukum mati karena minum kopi. Karena diyakini bahwa kopi mengandung efek yang dapat mengubah pikiran. Penguasa saat itu percaya bahwa kopi adalah sejenis narkotika dan melarangnya untuk dikonsumsi publik.

13. Kopi kaya akan nitrogen, menjadikannya pupuk yang sangat baik untuk kebun dan menghentikan siput dan cacing memakan tanaman.

14. Biji kopi disebut 'biji' karena bentuknya yang mirip dengan biji. Kopi sebenarnya adalah buah beri. Ada 2 varietas utama biji kopi yaitu merah dan hijau. Biji kopi merah memiliki bau yang lebih enak dan kurang asam. Jenis ini digunakan untuk menghasilkan kopi yang lebih ringan.

red and green coffee cherries
Livier Garcia from Pexels.com

15. Secara global, orang mengkonsumsi sekitar 2,25 miliar cangkir kopi setiap hari yang yang hampir sama dengan 10 juta ton kopi.

16. Brasil menghasilkan 40% dari pasokan kopi dunia.

17. Kopi termahal di dunia, Kopi Luwak, berasal dari kotoran hewan musang palem. Hewan ini tidak dapat mencerna buah kopi yang dimakannya. Setelah melewati fermentasi di ususnya, keasaman kopi sedikit berkurang dan rasa minuman menjadi lebih smooth.

BACA JUGA: Mengenal Kopi Sumatra

18. Pada tahun 1932 Brasil tidak memiliki cukup dana untuk mengirim atletnya ke Olimpiade, sehingga para atlet harus mencari uang sendiri dengan menjual kopi.

19. Kopi Decaf tidak sepenuhnya bebas kafein. Proses dekafeinasi biasanya menghilangkan 94-98 persen kafein. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata 16 ons kopi berkafein memiliki 188 ml kafein dan rata-rata 16 ons kopi decaf memiliki 9,4 ml kafein.

20. Karena tingginya tingkat antioksidan dan nutrisi seperti riboflavin, magnesium, dan potasium, kopi memberikan manfaat kesehatan termasuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu. 

Coffee quote
Created by Jo Christie Huang

Ini cuma sebagian kecil dari fakta menarik tentang kopi, apa ada fakta unik  tentang kopi lainnya yang kalian tahu? 

Main image from Pixabay

51 comments

  1. Waaah baru tahu kalo cappucino itu diambil dari warna jubah 😁. Favoritku soalnya. Sebenernya pengen membiasakan minum kopi hitam yg LBH rendah kalori mba, tapi ga bisaaa 🤣🤣. Ga kuat aku pahitnya. Kadang suka bingung tiap nonton Drakor kan banyak tuh mereka minum amerikano, dan kayak nikmat banget. Pas aku coba, hadeuuuuh ga sanggub nelan. Memang LBH suka yg kopi dengan krim dan gula 🤣

    Poin 11, aku pengen ih perangkonyaaa 😍😍😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banyak nih fakta menarik soal kopi. Nanti di compile lagi deh. Mungkin bisa coba kopi decaf, karena kandungan kafeinnya lbh sedikit. Siapa tahu lebih bersahabat dengan lambung hehehe...

      Hapus
  2. Wah artikelnya sangat menarik

    BalasHapus
  3. Wah baru tau, makasih infonya ka, artikelnya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya. Masih banyak yang seru2... Nanti bikin volume 2 nya deh hehehe...

      Hapus
  4. Saya baru tahu fakta-fakta tentang kopi. Klo boleh saran bisa di cantumkan referensi sejarahnya agar kita bisa mengetahui informasi lebih lanjut dan memahami sejarah yg berkaitan fakta kopi ini secara utuh. Makasih sharingnya.

    BalasHapus
  5. Baru baca fakta pertama aja udh keren banget. Yg ttg kambing menjadi energik setelah makan tanaman kopi. Karena emang efek kopi itu otomatis bikin kita jadi lebih seger ya.. terlepas diminumnya pagi atau malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau yang biasa minum kopi berasa banget bedanya kalau belum minum kopi rasanya gak semangat hahahha

      Hapus
  6. Kalo yang poin no 3 boleh tuh di explore dan di tes lebih lanjut mengenai kebenarannya

    BalasHapus
  7. Untuk poin no 12 bener nih. Salah satu dokter internis aku juga bilang kalau kopi itu emang termasuk salah satu jenis narkotika.. karena efek nya itu sendiri yg bikin kita jadi sedikit kecanduan sama kopi

    BalasHapus
  8. Kalau yg no 17, jujurly.. aku masih agak2 ga mau nih minum kopi luwak, walaupun katanya kopi termahal di dunia. Karena masih kebayang itu biji kopi keluarnya dari mana. Jadi aku agak2 geli gitu ngebayanginnya. Heheheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga gak suka, tapi lebih karena rasa asamnya sih hahhaha

      Hapus
  9. Untuk poin no 20 aku juga baru tau nih kalo minum kopi ternyata bisa menurunkan resiko penyakit Alzheimer..


    Wow.. keren infonya...
    Thanks yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak manfaatnya si kopi ini, kaya antioksidan juga. Makanya sekarang banyak dipakai untuk bahan skincare.

      Hapus
  10. Ternyata nggak ada fakta yang negatif dari kopi. Hampir semuanya positif. Khususnya yang terakhir, ternyata mengandung antioksidan yang tinggi yang bagus buat kesehatan.
    Semoga ada artikel berikutnya tentang kopi mbak, misal, baguskah minum kopi ditambah gula? berapa banyak konsumsi yang baik perharinya? saya nunggu, soalnya penggemar kopi berat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru ya kalau ngomongin kopi. Sudah ada beberapa artikel lain mengenai kopi kak. Bisa dilihat di kategori kopi.

      Hapus
  11. My favourite coffee is capppucino hehehe. Ternyata namanya dari warna jubah sebuah ordo jaman dulu. Eh. kopi hitam tuh tetep ada kalorinya iya? Kirain dia itu 0 kalori. Baru tahu loh aku. Tapi aku nggak sanggup minum kopi hitam *cry!
    nice info kaa. Kopi punya banyak sejarah iya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain kopi hitam, cappucino juga minuman favorit saya. Bisa habis dalam sekali teguk saking enaknya hahhahah....

      Hapus
  12. Kopi ini luar biasa ya. Bahkan, kopi merupakan komoditas tersebesar kedua yang diperdagangkan setelah minyak.

    Selain itu, di Indonesia juga sempat booming tentang kopi waktu ada film filosofi kopi.

    Btw, nice info mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dan negara kita termasuk penghasil kopi terbaik lho. Dan variasinya banyak, karena kopi dari tiap daerah punya rasa khasnya tersendiri.

      Hapus
  13. wahh saya baru tahu fakta tentang kopi, saya tidak terlalu suka kopi tapi saya suka sama cappucino. Kopi memang sudah jadi minuman internasional ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cappucino tuh kayaknya favorit banyak orang deh, soalnya rasa kopinya gak terlalu kuat dan creamy. Salah satu favorit saya juga selain kopi hitam.

      Hapus
  14. saya suka baca trivia seperti ini :D kalau sejarah masuknya kopi di indonesia bagaimana ya? apakah sudah dibahas di blog ini, karena sepertinya menarik untuk dibaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibaca di sini : https://www.jochristiehuang.com/2021/10/asal-kopi-indonesia.html

      Hapus
  15. Unik-unik juga fakta yang disajikan. Kalau saya pribadi ga terlalu bisa minum kopi hitam, biasanya dicampur dengan susu atau semacamnya biar lebih terasa.
    Salam kenal Kak,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing-masing orang juga berbeda tingkat toleransi terhadap kafein. Jadi memang ada yang bisa minum kopi hitam ada yang tidak. hehehe...
      Salam kenal juga.

      Hapus
  16. Wah, informasi paling menarik nih ttg kopi & segala macem filosofinya.. hehee..

    Dan kayanya kopi bisa jadi solusi buat diet ya, kalori cuma 1 per cangkir, trus banyak mengandung antioksidan, melancarkan metabolisme & manfaat kesehatan lainnya..

    pantesan tuh para pecinta kopi kelihatan hepy2 trus ya.. hehee

    BalasHapus
  17. Baru tau fakta-fakta menarik tentang kopi ini. Baru tau deeh kalau ternyata kopi luwak adalah kopi termahal di dunia yaa. Keren! Makasih ka sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada satu lagi kopi yang mahal, dari Thailand. Prosesnya sama dengan kopi Luwak tapi yang ini kopinya dimakan oleh gajah.

      Hapus
  18. Manfaat kopi memang banyak banget untuk kesehatan, hanya saja jika sudah dicampur dengan creamer dan susu, sepertinya akan menjadi tidak sehat. Menarik kak artikel seputar filosofi kopinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, apalagi kalau ditambah banyak gula. Makanya saya menjauhi kopi sachet karena kandungan gulanya tinggi sekali.

      Hapus
  19. Perangko aroma kopi? Wow! Bisa jadi aroma terapi nih!

    Oya kalau boleh nambahin, bubuk kopi juga bisa jadi penawar bau di KM & pengusir tikus lho!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul... bisa untuk mengurangi bau di dalam kulkas juga.

      Hapus
  20. Baru tahu fakta no. 5, selama ini sering minum kopi tapi nggak pernah cari tau asal nama kopi itu sendiri. Thanks infonya kak, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama... Terima kasih sudah mampir di blog ini ya

      Hapus
  21. Wah bener bener lengkap infonya kak aku juga pecinta kopi, ternyata kopi luwak jadi kopi termahal ya di dunia, manfaat kopi juga bagus buat kesehatan karena kaya antioksidan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada lagi kopi mahal dari Thailand, prosesnya sama dengan Luwak tapi yang makan adalah hewan gajah hehehe...

      Hapus
  22. Setiap point dari 20 fakta tentang kopi ini sangat menarik.. beberapa diantaranya mind-blowing.. luar biasa.. what a nice article!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru2 fakta tentang kopi. Nanti saya mau bikin yang vol. 2 nya ya

      Hapus
  23. Rasanya membahas kopi ini tidak ada habisnya yaa..
    Banyak fakta yang menarik karena kini kopi juga sedang hype dan semakin banyak penikmatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Jadi semakin banyak pilihan kedai kopi buat dicoba juga.

      Hapus
  24. Saya lagi mengurangi kopi tapi memang tidak ada yang bisa menggantikan rasa dan romantisme kopi. Makanya Dewi Lestari sampai nulis "Filosofi Kopi".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, that coffee vibe! gak ada gantinnya...

      Hapus
  25. Walapun saya bukanlah pecinta kopi tapi saya salut dengan orang orang penyuka kopi yang katanya gampang dapat inspirasi kalau ada kopinya. Selain itu hadirnya kopi banyak melewati filosofi tidak biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... selalu seru membahas soal kopi...

      Hapus
  26. Bagiku Kopi ini memang ampuh menambah stamina dan mengembalikan mood saat capek,lesu dan kurang semangat.

    Tapi ahir-ahir ini saya mengurangi kopi karena masalah asem lambung..

    BalasHapus
  27. Kereen banget ka artikelnya tentang kopinya, jadi banyak nambah fakta unik tentang kopi. Dari 20 fakta unik tentang kopi no 10 lumayan bikin tercengang juga, nih.

    BalasHapus