Pentingnya Persepsi Pelanggan dalam Pemakaian Social Media Listening Tools

Perempuan pengguna social media

Membaca persepsi pelanggan merupakan salah satu fungsi social media listening tools yang dapat dioptimalkan. Pasalnya, tanpa mengetahui apa yang target audiensi butuhkan, Anda akan kesulitan mengembangkan produk maupun membuat strategi pemasaran yang sesuai.

Lantas, apa yang dimaksud persepsi pelanggan? Mengapa pelaku usaha harus mempelajarinya?

Persepsi pelanggan untuk kelangsungan bisnis

Disitat dari Hubspot, customer perception atau persepsi pelanggan merupakan opini pelanggan seputar produk yang diberikan perusahaan. Istilah ini juga merujuk pada kesimpulan yang diambil dari sejumlah pengalaman penggunaan saat memakai layanan atau barang tertentu.

Akan tetapi, persepsi pelanggan kini sudah mencakup cara pelanggan dalam memilih, mengelola, hingga menafsirkan informasi sehubungan produk perusahaan. Maka dari itu perusahaan, khususnya B2C, menggunakannya untuk memahami kebutuhan audiensi. Dengan begitu, perusahaan dapat mengoptimalkan produknya maupun pelayanan mereka. 

Pemakai laptop dan mobile phone
Pexels/ Cottonbro Studio

 

Manfaat persepsi pelanggan dalam menjalankan bisnis

Mengetahui kebutuhan target audiensi bukan satu-satunya manfaat yang diperoleh dari persepsi pelanggan. Anda juga akan menerima benefit-benefit seperti:

- Memunculkan peluang bisnis yang menarik;
- Memperkaya nilai brand atau merek;
- Memperbaiki kualitas layanan dan barang;
- Membangun brand loyalty;
- Menghitung biaya promosi produk. 

Social media marketing
Pexels/ George Milton


Matamaya adalah partner yang tepat bagi Anda yang belum terlatih memakai social media listening tools untuk mendapatkan persepsi pelanggan yang sesuai. Jadi, Anda dapat membuat produk sesuai kebutuhan audiensi sekaligus meningkatkan konversi penjualannya.

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

8 comments

  1. Sebagai mantan pelaku bisnis, saya baru dengar istilah social media listening tool ini. Artikel yang menarik. Terimakasih infonya, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang banyak tools untuk mengembangkan bisnis melalui digital marketing, sangat memudahkan untuk pelaku bisnis. Senang bisa sharing juga, kak.

      Hapus
  2. Artikelnya sangat menarik. Terimakasih banyak kak sangat bermanfaat 🙏

    BalasHapus
  3. Wah, menarik!
    Dengan social media listening tools, kita bisa memahami apa kemauan dan harapan pelanggan, begitu ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi memudahkan banget buat pelaku bisnis nih.

      Hapus
  4. Beberapa kali berkunjung ke web atau blog ini, emang bahasanya selalu menarik. Jujur kalo ngomong sosial media, apalagi kaitan sama pelanggan dalam menjalani Bisnis. Menurutku itu penting untuk jadi konsen dan perlu didalami, jangan sampai adanya sosial media yang betul-betul bermanfaat buat Mengembangkan Bisnis khususnya secara online. Makasih ya mba postingannya bermanfaat,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak. Terima kasih karena sering berkunjung ke blog ini.

      Hapus