Produk Skincare Untuk Kulit Sensitif Tested Vol. 1

cetaphil gentle cleanser glowmy garnier micellar water somethinc low ph jelly celanser

Perjalanan sampai akhirnya saya berani pakai produk skincare lagi cukup panjang karena saya punya tipe kulit yang super sensitif. Dimulai dari menemukan day cream yang ternyata cocok dengan kulit saya, pelan-pelan saya beranikan diri untuk mencoba produk skincare lainnya. 

Saya sangat hati-hati dalam memilih produk dan selalu melakukan patch test setiap menggunakan produk baru. Ada beberapa produk yang aman saya gunakan sejauh ini. Produk-produk ini sudah saya gunakan lebih dari 1 bulan, dan kulit saya tidak ada reaksi gatal ataupun breakout. 

Tulisan ini bersifat personal karena yang cocok untuk kulit saya belum tentu cocok untuk kulit sensitif lainnya. Tapi saya bagikan pengalaman ini untuk teman-teman yang juga memiliki kulit sangat sensitif agar punya referensi produk yang bersahabat dengan tipe kulit sensitif.

BACA JUGA: 6 Kandungan Skincare yang Tren di 2022

Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Setelah bertahun-tahun pakai sabun bayi untuk cuci muka, akhirnya saya mencoba produk ini dan ternyata cocok untuk kulit saya. Awalnya agak ragu karena produk ini masih mengandung SLS, tapi ternyata tidak memberikan efek gatal untuk kulit muka sensitif saya.

Setelah penggunaan pertama, kulit langsung terasa lembab dan lembut. Cleanser ini membersihkan kulit tanpa meninggalkan rasa kesat.

Glowmy Moisturizing Ceramide Cream
Kandungan utama dari krim ini adalah Niacinamide, Ceramide dan Squalane. Tiga kandungan yang mendukung perbaikan skin barrier, kulit kusam, dan kering. Saya gunakan krim ini setiap malam dan setelah penggunaan selama seminggu kulit terasa lebih lembab.

Garnier Micellar Cleansing Water Vitamin C
Sehari-hari saya hanya menggunakan day cream, sunscreen, bedak, pensil alis dan eyeshadow tipis. Dan saya menggunakan produk ini untuk membersihkan makeup sehari-hari. Bukan hanya efektif menghapus makeup tapi kulit terasa lembut setelah pemakaian produk ini.

Glowmy Barbie Glow Sunscreen
Memiliki kandungan SPF 30, day cream ini cocok untuk digunakan jika sedang tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan atau di pagi hari saat matahari belum terlalu terik. Teksturnya creamy dan ringan di kulit. 

Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser
Awal beli ini karena tertarik dengan klaim tanpa kandungan SLS. Tapi sayangnya kulit saya kurang cocok, karena kulit menjadi kering setelah penggunaan.

Tapi produk ini worth to mention karena digunakan oleh anak saya yang memasuki usia remaja yang kulitnya mulai bruntusan dan muncul jerawat kecil. Setelah menggunakan produk ini bruntusan dan jerawat kecil menjadi berkurang. Mungkin karena kandungan tea tree yang mengurangi produksi minyak yang berlebih dan anti-bakteri.

Main image by Jo Christie Huang

4 comments

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Tooss mba, sesama kulit sensitif. Aku butuh waktu juga sampe akhirnya Nemu skincare yg cocok. Dan kalo udh cocok aku jarang mau ganti2 produk. Kalipun ganti, biasanya setelah bbrp tahun. Saat kulit memang membutuhkan ingredients yg lebih lagi Krn umur makin bertambah

    Kalo skr ini utk cleanser aku msh setia Ama Cetaphil. Tapi skincare ga aku pake rangkaian set dari Cosrx yg snail anti aging. Sunscreen aku pakai azarine. Lumayan cocok semuanya. Dan blm ada niat buat ganti ke produk lain. Jujurnya aku ga cocok Ama mostly produk lokal. Kdg ga bikin beruntusan tapi ga ada efek significant juga. Jadi buat apa diterusin. Untungnya setelah coba Cosrx, kulit langung suka , efeknya juga kliatan setelah pake nyaris 2 thn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Repot ya punya kulit sensitif. Gak bisa coba-coba produk baru sembarangan hiks... padahal sering laper mata lihat racun skincare. Sejauh ini aku cocok pakai produk lokal merk Glowmy, sunscreennya jg pakai merk itu. Cosrx sering lihat reviewnya, menarik banget ya tapi gak mau resiko coba2 lagi krn udah cocok sama Glowmy hehehe...

      Hapus