Manfaat Kandungan Kopi dalam Skincare

Kopi merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa kopi bukan hanya bermanfaat saat dikonsumsi tapi juga memiliki banyak manfaat jika digunakan secara topikal di kulit. 

Kafein pada kopi kaya akan antioksidan yang membantu melawan penuaan dini. Bubuk kopi juga mengandung nutrisi dan asam lemak yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

BACA JUGA: 6 Kandungan Skincare yang Tren di 2022

Karena manfaat kopi sudah banyak diketahui dan dirasakan hasilnya, belakangan mulai banyak produk skincare yang menggunakan kopi sebagai kandungan tambahan atau bahkan digunakan sebagai kandungan utama. Mulai dari scrub, masker, pelembab bahkan lip gloss menambahkan kopi dalam bahan dasarnya.

Anna Tarazevich

Beberapa manfaat kandungan kopi dalam skincare

(disadur dari kaffebueno)

Melawan penuaan dini: Studi ilmiah telah menunjukkan efek peremajaan kulit yang dihasilkan oleh kopi. Kopi kaya akan antioksidan yang melindungi dari radikal bebas dan melawan penuaan. Minyak dari biji kopi mencegah tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan flek di kulit.

Melindungi dari sinar UV: Kopi bermanfaat melindungi dari sinar UVB. Telah terbukti bahwa minyak kopi menyaring cahaya secara selektif dalam panjang gelombang 280-320nm, memungkinkan kulit menjadi gelap sambil melindunginya dari eritema matahari.

BACA JUGA: Bubuk Kopi untuk Perawatan Kulit

Menyamarkan selulit dan bekas luka di kulit: Kandungan kafein melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan sehingga mengurangi munculnya selulit dan menyamarkan selulit. Kandungan asam linoleat yang berlimpah mendorong penyembuhan luka dan menyamarkan bekas luka di kulit.

Eye serum untuk mengurangi kantung mata dan mata panda.


Perawatan area mata: Area sekitar mata sangat halus dan membutuhkan perawatan khusus. Kekuatan anti-inflamasi kafein membantu mengurangi peradangan di daerah kulit mata. Dan kandungan antioksidan dalam kopi melancarkan sirkulasi darah sehingga mengurangi bengkak dan lingkaran gelap di bawah mata.

Mengatasi masalah kulit: Selain meningkatkan produksi kolagen, kafein dan asam klorogenik (CGA) yang terkandung dalam biji kopi dapat membantu mengurangi peradangan akibat masalah kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriasis. Kandungan serine dalam kafein bekerja sebagai antioksidan yang kuat dalam meremajakan kulit, membersihkan jerawat dan menyamarkan bekas jerawat.

Mengangkat sel kulit mati dan melembabkan wajah.


Photo by Monstera from Pexels

9 comments

  1. Ooohh jadi mengatasi selulit itu bisa ya pakai skincare yg punya kandungan kopi. Saya baru ngerti ini. Agak awam di bidang skin care.. hahaha thanks infonya kak

    BalasHapus
  2. Ternyata kandungan kafein pada kopi banyak manfaatnya juga ya untuk perawatan kulit. Nice info kak. Penikmat kopi wajib tau nih....

    BalasHapus
  3. Iyaa sekarang ini mulai banyak produk skincare yang berbahan dasar kopi yaa. Emang manfaat kopi ternyata super sekali. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  4. Pantasan waktu jualan kopi on the street 3 tahun lalu, ampas kopinya selalu diminta teman. Ada yang datang selalu minta. Setahu saya dipakai untuk jadi bahan pupuk tanaman juga di rumahnya.

    BalasHapus
  5. Selain aromanya yang suka buat lapar, ternyata kopi juga punya sejuta manfaat untuk kulit ya, mba. Saya juga pakai sabun yang ada kandungan kopinya untuk menghilangkan luka dan memang bagus khasiatnya.

    BalasHapus
  6. Yang saya suka dari skincare dengan kandungan kopi itu aromanya menyegarkan. Ternyata banyak manfaat juga ya.

    BalasHapus
  7. Baru tau kalo kopi ternyata sangat baik untuk kecantikan juga,

    BalasHapus
  8. Kopi ini sungguh banyak keberkahannya untuk manusia. Bisa dijadikan minuman, bisa juga digunakan untuk merawat kulit. Dengan kandungan kafeinnya, maka kulit menjadi lebih kencang, sirkulasi darah lancar dan manfaat lainnya yang pasti wanginya bikin healing banget sih ya..

    BalasHapus
  9. Aku juga sukaaaaa body care yg beraroma kopi mbaa ❤️😍. Karena selain manfaatnya memang banyaak banget, aromanya itu bikin naikin mood. Sama aja kayak aroma minuman kopi di pagi hari.

    Apalagi kalo wanginya lama nempel di kulit, Duuuh sukaaa 😄😍

    BalasHapus